Rekomendasi

ads header

Baru

01. Umat Nasrani sahabat terdekat umat Islam


01. UMAT NASRANI SAHABAT TERDEKAT UMAT MUSLIM


Firman Allah,

وَلَتَجِدَنَّ أَقْرَبَهُمْ مَوَدَّةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَىٰ
"Dan sesungguhnya akan engkau dapati (pula) orang yang paling dekat kasih sayangnya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang berkata, "Sesungguhnya kami adalah orang Nashara." (QS. Al-Maidah: 82).

TINJAUAN AL-QURAN
Teks lengkap QS. Al-Maidah: 82 di atas seharusnya seperti berikut:

لَتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَۃً لِّلَّذِیۡنَ اٰمَنُوا الۡیَہُوۡدَ وَ الَّذِیۡنَ اَشۡرَکُوۡا ۚ وَ لَتَجِدَنَّ اَقۡرَبَہُمۡ مَّوَدَّۃً لِّلَّذِیۡنَ اٰمَنُوا الَّذِیۡنَ قَالُوۡۤا اِنَّا نَصٰرٰی ؕ ذٰلِکَ بِاَنَّ مِنۡہُمۡ قِسِّیۡسِیۡنَ وَ رُہۡبَانًا وَّ اَنَّہُمۡ لَا یَسۡتَکۡبِرُوۡنَ
"Sesungguhnya akan engkau dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya akan engkau dapati (pula) orang yang paling dekat kasih sayangnya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang berkata, "Sesungguhnya kami adalah orang Nashara (Nasrani)". Yang demikian itu karena di antara mereka ada pendeta-pendeta dan rahib-rahib (paderi). Dan sesungguhnya mereka itu tidak menyombongkan diri." (QS Al-Maidah: 82)

Asbabun Nuzul 
Pada zaman Rasulullah, ada tiga golongan yang sangat keras permusuhannya terhadap Islam. Antara lain: kelompok besar Yahudi di Madinah, kaum Musyrikin yang berpusat di Makkah dan kabilah-kabilah Arab. Dibandingkan dengan ketiga golongan tersebut, kaum Nashara memang lebih dekat persahabatannya dengan umat Islam. Hal itu disebabkan karena umat Nasrani (waktu itu) menunjukkan sikap yang bersahabat dan penuh toleransi. Tepat sekali jika yang paling dekat kasih sayang persahabatannya dengan umat Islam pada zaman Rasulullah waktu itu adalah dari golongan Nasrani yang beriman dengan benar. Tetapi salah besar bila dikatakan bahwa orang Kristen seperti sekarang ini paling dekat kasih sayangnya kepada umat Islam. Sebab hakekat Kristen itu tidak sama dengan Nashara. Disebut Nashara sebab Yesus (Isa as) berasal dari Nazaret. 

Setelah ketiadaan nabi Isa Almasih, kaum Nashara terpecah menjadi dua golongan.

Pertama, adalah para pengikut Isa Almasih (kaum hawariyyun), yaitu golongan yang tidak mempersekutukan Allah. Mereka menjalankan ajaran Isa Almasih. yang murni, yaitu ajaran Tauhid tanpa mengenal ajaran Trinitas. Golongan ini dikenal sebagai Nasrani Unitarian yang dekat persahabatannya dengan umat Islam. Ini sesuai dengan surat Al-Maidah 82 di atas.

Mereka hanya menyembah Allah Swt. sebagaimana yang diajarkan oleh Isa Almasih (lihat: QS. Az Zukhruf 63-64).

Contoh golongan ini adalah Raja Najasyi, Rahib Bahiro, rahib gurunya Salman Al Farisi dan Waraqah bin Naufal. Mereka semua mengakui kerasulan Nabi Muhammad, karena mendapati adanya nubuat kedatangan beliau dalam Taurat dan Injil. Dalam sejarah gereja awal mereka lebih dikenal sebagai kelompok Unitarian yang dipelopori oleh Arius.

Perhatikan juga cuplikan terjemah Al-Quran berikiut:

"Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri." (QS ‘Ali Imraan 52)

(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa berkata: "Hai Isa putera Maryam, sanggupkah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?". Isa menjawab: "Bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman". Mereka berkata: "Kami ingin memakan hidangan itu dan supaya tenteram hati kami dan supaya kami yakin bahwa kamu telah berkata benar kepada kami, dan kami menjadi orang-orang yang menyaksikan hidangan itu". Isa putera Maryam berdo'a: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama". Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan hidangan itu kepadamu, barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah (turun hidangan itu), maka sesungguhnya Aku akan menyiksanya dengan siksaan yang tidak pernah Aku timpakan kepada seorangpun di antara umat manusia." (QS Al Maaidah 112-115)

Kedua, Nashara yang mempersekutukan Allah, golongan inilah yang di kemudian hari menjadi cikal bakal lahirnya Kristen. Golongan ini disebut Nasrani Trinitarian (Menurut Islam: Musyrik) yang sangat benci dan memusuhi Islam, sesuai dengan firman Allah:

"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu sehingga kamu mengikuti agama mereka" (QS Al-Baqarah: 120).

"Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka dapat mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup" (QS Al-Baqarah: 217).

"Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, padahal kamu mengetahui kebenarannya?" (QS ‘Ali Imran: 70).

Jadi, ajaran Islam dengan tegas menyatakan bahwa Isa Almasih tidak pernah mengajarkan apalagi mendirikan agama Kristen. Kristen yang ada sekarang ini adalah ciptaan Paulus dan sangat jauh bertentangan dengan ajaran sejati Isa Almasih

TINJAUAN ALKITAB
Di dalam Alkitab ditegaskan bahwa para pengikut Isa Almasih hanya berjumlah sedikit karena seperti diketahui, jumlah muridnya hanya 12 orang,

Murid-murid Isa Almasih antara lain Petrus, Andreas,Yakobus, Yohanes, Filipus, Thomas, Bartolomeus, Matius,Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon, Yudas Iskariot diganti Matias (Mat 10:2-4, Kis 1: 15-26)

Di dalam alkitab pun ditegaskan bahaw Isa Almasih  diutus hanya untuk bngsa Israel,  sama persis dengan apa yang dijelaskan di dalam Al-Quran bahwa Isa Almasih  diutus hanya untuk Umat Israel. Hal ini pulalah yang menegaskan bahwa Muslim lebih dekat persahabatannya dengan para Murid Isa Almasih, karena mereka hanya mengajarkan perintah Isa Almasih yang pararel dengan ajaran nabi Muhammad saw, dan persahabatan Islam dan kaum Nashara (hawariyyun) adalah kedekatan aqidah sesuai dengan catatan dalam Matius 4:10. 

Simak kutipan alkitab dibawah ini,

Jawab Isa Almasih: "Aku diutus HANYA kepada domba-domba yang hilang dari Umat Israel." (Matius 15:24 )

"Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena ROH KUDUS MENCEGAH MEREKA UNTUK MEMBERITAKAN INJIL di ASIA." (Kis Rasul 16.6)

Umat Kristen saat ini adalah golongan kedua dan mereka ini adalah para pengikut Paulus (Saulus). Disebut pengikut Paulus sebab Kristen baru lahir ketika Isa Almasih sudah tidak ada di dunia. Pendiri awalnya adalah Paulus dan Barnabas di kota Antiokhia.

Perhatikan apa kata Alkitab berikut ini:

"Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen" (Kisah Para Rasul 11: 25-26).

[Bersambung]



Anda sedang membaca jawaban Islam untuk klaim Kristen tentang ketuhanan 
ISA ALMASIH MENURUT AL-QURAN, HADITS, DAN ALKITAB 
BAGIAN-1  

Simak Juga Bagian:

1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11  12 



Maraji:
1. Terjemah Al-Quran Al-Kariim
2. Alkitab LAI 1999
3. Buku Dialog Santri Pendeta, Masyhud MS, Pustaka Dai
4. Muallaf meluruskan Pendeta, H. Insan L.S. Mokoginta (Wenseslaus), Yay. Muhtadien Jakarta

Sumber: Abu Rifkah | media.isnet.org 
Baca Juga

Tidak ada komentar