Rekomendasi

ads header

Baru

Yesus Tidak Pernah Naik Ke Sorga


Pengikut ajaran Paulus meyakini bahwa Yesus telah naik ke sorga sebagai misi 'final' Yesus turun ke bumi. Kalau kita membaca dengan teliti dan seksama kisah kenaikan Yesus di dalam Bible, pasti kita akan dihadapkan pada suatu ketidak-pastian tentang benarkah Yesus telah naik ke sorga? 

Artinya bahwa kenaikan Yesus ke sorga terancam akan dibatalkan oleh Bible karena tidak akuratnya informasi yang diberikan Bible mengenai hal ini. Padahal Umat Kristen sangat menyandarkan keimanan mereka terhadap kenaikan Yesus ke sorga setelah peristiwa penyalibannya.

Kebenaran cerita tentang kenaikan Yesus ke sorga masih fifty-fifty
Banyak umat Kristen tidak mengetahui, atau tidak mau mengetahui, atau pura-pura tidak mengetahui, bahwa kisah kenaikan Yesus ke sorga hanya dicatat oleh dua Injil Kanonik, sementara dua Injil Kanonik lainnya tidak sedikitpun menyinggung peristiwa tersebut. Injil Kanonik yang mencatat adalah Injil Markus dan Lukas, sedangkan Injil Matius dan Yohanes sama sekali diam seribu bahasa!

Inilah ayat Injil Kanonik yang mencatatnya.

Lukas 24:51-52
[51] Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.
[52] Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.
[53] Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Markus 16:19-20
[19] Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
[20] Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Sedangkan 2 Injil Kanonik lainnya memilih "tutup mulut" atas peristiwa maha penting dalam tatanan iman umat Kristen ini.

Tapi, coba kita lihat yang berikut ini.

Matius 28:19-20
[19] Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
[20] dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Yohanes 21:23-25
[23] Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati. Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan: "Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu."
[24] Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar.
[25] Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Ayat-ayat di atas adalah petikan ayat terakhir dari empat Injil Kanonik. Perhatikan, dua Injil Kanonik, yaitu Matius dan Yohanes, tidak memberikan gambaran sedikitpun mengenai kenaikan Yesus ke sorga. Karenanya, hal yang harus dipertanyakan adalah, bagaimana mungkin peristiwa kenaikan Yesus bisa luput dari 2 injil Kanonik ini? Jika Yesus memang naik ke sorga dan disakssikan oleh banyak orang, maka selain tercatat dalam 4 inji kanonik, sepatutnya peristiwa ini juga tercatat dalam berbagai sumber sejarah. Tapi faktanya, jangankan para penulis sejarah independen, penulis injil yang konon katanya adalah kitab suci umat Kristen sendiri masih belum yakin, bahkan menyajikan berita yang simpang siur mengenai peritiwa ini.

Sampai di sini, tentu saja peristiwa kenaikan Yesus ke sorga patut dipertanyakan kebenarannya. Kenapa hanya Markus dan Lukas saja yang mencatatnya? Kenapa Matius dan Yohanes tidak mencatatnya? Tidakkah secara logik saja kita pun lantas dapat memposisikan keempat injil kanonik ini menjadi 2 lawan 2 dalam menyikapi cerita tentang kenaikan Yesus, atau dengan kata lain, menurut injil-injil kanonik sendiri berita tentang kenaikan Yesus ke sorga itu sebetulnya masih fifty-fifty?!

Kontradiksi Riwayat Bible Mengenai Kenaikan Yesus
Setelah mengetahui bahwa kenaikan Yesus hanya dicatat oleh dua Injil Kanonik, sekarang coba mari kita cermati juga sampai di mana keakuratan informasi dari dua Injil Kanonik tsb. Nampaknya kedua injil ini saling berbeda pandang mengenai kisah kenaikan Yesus.

Markus 16:14-20
[14] Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
[15] Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
[16] Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.
[17] Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
[18] mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."
[19] Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
[20] Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Lukas 24:41-53
[41] Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?"
[43 Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.
[44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
[45] Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
[46] Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,
[47] dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
[48] Kamu adalah saksi dari semuanya ini.
[49] Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."
[50] Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.
[51] Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.
[52] Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.
[53] Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Dari dua kronologis ayat mengenai kisah seputar sebelum kenaikan Yesus di atas, dapat dilihat perbedaan yang sangat mencolok, atau setidaknya tampak jelas tidak ada persamaan antara mereka dalam mengisahkan peristiwa sebelum "kenaikan" Yesus.

PERTAMA, dalam Markus. Setelah Yesus menampakkan diri kepada murid-muridnya dan meyakinkan mereka, hal yang terucap dari mulut Yesus pertama kali adalah perintah memberitakan Injil kepada seluruh makhluk serta perintah pembabtisan, sedang perintah ini sama sekali tidak dicatat Lukas, justru yang dikatakan Yesus dalam Lukas setelah murid-muridnya yakin adalah mengenai nubuatan tentang mesias. Benar-benar tidak konek!

KEDUA, masih dalam Markus. Yesus juga menceritakan tanda-tanda mengenai orang yang percaya padanya. Lagi, dalam Lukas perkataan ini tidak tercatat sama sekali.

KETIGA, dalam Lukas. Dikisahkan bahwa Yesus membawa muridnya ke luar kota sampai dekat Betania sebelum akhirnya terangkat ke sorga, sedang dalam Markus tidak dikatakan mereka dibawa ke dekat Betania. Justru dalam Markus, setelah Yesus berbicara dengan muridnya, ia langsung terangkat ke sorga dan secara spesifik tidak diceritakan lokasi di mana peristiwa tsb terjadi.

Dalam menghadapi kronologis yang sangat berbeda pandangan atau kontradiktif ini, pastinya hanya dua kemungkinan, yaitu:

Pertama, salah satu dari Injil Kanonik tersebut menceritakan peristiwa yang benar dan yang lain salah. Jika Injil Markus yang benar, berarti Injil Lukas yang salah, begitu juga sebaliknya, jika Injil Lukas yang benar, berarti Injil Lukas salah. Atau, ini juga tidak boleh diabaikan, bahwa kedua Injil Kanonik tersebut menceritakan peristiwa yang salah dan bukan bagian dari riwayat kehidupan Yesus yang sebenarnya!

Bahkan mengenai riwayat Lukas, dia pun kontradiktif dengan perkataannya sendiri dalam surat Kisah Para Rasul. Dikatakan dalam Kisah Para Rasul bahwa Yesus empat puluh hari bersama murid-muridnya setelah penyaliban sebelum akhirnya naik ke sorga.

Kisah Para Rasul 1:3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.

Sedang diketahui dalam Injil Lukas yang dicatat oleh oknum yang sama, Lukas tidak memberikan keterangan tersebut dan dilihat dari kronologis kisah, secara spesifik mengatakan bahwa kenaikan Yesus terjadi pada hari dia dibangkitkan dari kubur setelah berbicara kepada murid-muridnya hari itu juga.

Sampai disini telah ditemukan bahwa kronologis Injil Kanonik yang mencatat kenaikan Yesus kontradiktif dan berbeda pandangan antara Markus dan Lukas, sehingga riwayat salah satu Injil Kanonik tersebut harus ditolak. Sehingga kisah kenaikan Yesus makin meragukan.

Kepalsuan Ayat Mengenai Kenaikan Yesus
Disini kita akan membahas masalah kepalsuan ayat Bible mengenai kenaikan Yesus, tepatnya kisah dalam Injil Markus. Ternyata, ayat dalam Markus 16 dimana menceritakan mengenai kisah kenaikan Yesus adalah ayat palsu, penemuan ini berdasarkan Codex Sinaticus, yang merupakan salah satu manuskrip kuno naskah Bible tertua dan terbaik yang ditemukan dalam bahasa Yunani.

Dalam Codex Sinaiticus, Mark Chapter 16 hanya sampai pada ayat 8, sedangkan 12 ayat selanjutnya yang ditemui pada Terjemahan Baru LAI sama sekali tidak terdapat dalam manuskrip kuno tertua Codex Sinaiticus. Dapat di cek dengan mata kepala sendiri di sini:

Codex Sinaiticus menunjukkan bahwa Markus 16 hanya sampai pada ayat 8:

Transcription:
  1. του μνημειου ┬ ┬ ϲκθ ϛ η δε μαρια η μαγδα ληνη και μαρια η ┬ ϲλ η ϊακωβου · και ϲαλω μη ηγοραϲαν αρω ματα ϊνα ελθου> ϲαι αλιψωϲιν αυ τον
  2. και λιαν πρωϊ · τη μια των ϲαββατω ερχονται επι το > μνημα ανατιλα τοϲ του ηλιου ˙
  3. ϲλα α και ελεγον προϲ > εαυταϲ τιϲ αποκυ λιϲει ημιν τον > λιθον εκ τηϲ θυ> ραϲ του μνημει
  4. ου ˙ και αναβλεψα ϲαι θεωρουϲιν α νακεκυλιϲμενο τον λιθον · ην γαρ μεγαϲ ϲφοδρα
  5. και ειϲελθουϲαι ειϲ το μνημειον · ει> δον νεανιϲκον καθημενον εν τοιϲ δεξιοιϲ περι βεβλημενον ϲτο λην λευκην · και εξεθαμβηθη>> ϲαν ˙
  6. ϲλβ β ο δε λεγει αυταιϲ μη εκθαμβειϲθε · ϊηϲουν ζητει> τε ┬ τον εϲταυ> ρωμενον ηγερ θη ουκ εϲτιν > ωδε ιδε ο τοποϲ οπου εθηκαν > αυτον
  7. αλλα υπαγετε ει πατε τοιϲ μα θηταιϲ αυτου και τω πετρω · οτι προαγει ϋ> μαϲ ειϲ την γα λειλαιαν · εκει > αυτον οψεϲθε καθωϲ ειπεν > ϋμιν ·
  8. ϲλγ β και εξελθουϲαι εφυγον απο > > του μνημειου · ειχεν γαρ αυταϲ τρομοϲ και εκ> ϲταϲιϲ · και ου> δενι ουδεν ει> πον εφοβουν το γαρʼ ⌇﹏ ευαγʼγε λιον κατα μαρκον
Translation:
  1. And when the sabbath was past, Mary Magdalene, and Mary the mother of James, and Salome, had bought sweet spices, that they might come and anoint him.
  2. And very early in the morning the first day of the week, they came unto the sepulchre at the rising of the sun.
  3. And they said among themselves, Who shall roll us away the stone from the door of the sepulchre?
  4. And when they looked, they saw that the stone was rolled away: for it was very great.
  5. And entering into the sepulchre, they saw a young man sitting on the right side, clothed in a long white garment; and they were affrighted.
  6. And he saith unto them, Be not affrighted: Ye seek Jesus of Nazareth, which was crucified: he is risen; he is not here: behold the place where they laid him.
  7. But go your way, tell his disciples and Peter that he goeth before you into Galilee: there shall ye see him, as he said unto you.
  8. And they went out quickly, and fled from the sepulchre; for they trembled and were amazed: neither said they any thing to any man; for they were afraid.
Terjemahan:
  1. Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.
  2. Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
  3. Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?"
  4. Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.
  5. Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka pun sangat terkejut,
  6. tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.
  7. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu."
  8. Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun juga karena takut.

Dari sini jelas terlihat bahwa ayat-ayat setelah Markus 16:8 merupakan ayat palsu atau ayat-ayat yang disisipkan kemudian oleh para bapa gereja, yaitu:


[9] Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.
[10] Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.
[11] Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.
[12] Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.
[13] Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada mereka pun teman-teman itu tidak percaya.
[14] Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
[15] Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.
[17] Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
[18] mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."
[19] Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
[20] Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Darimana datangnya dua belas ayat terakhir dalam Markus 16? Mengapa dalam Terjemahan Baru muncul sedang dalam Codex Sinaiticus, naskah tertua yang ditemukan tidak terdapat sama sekali? Ini menunjukkan bahwa ayat kenaikan Yesus ke sorga hanya sisipan Gereja! 

Kepalsuan ini juga dibenarkan oleh R.P Roguet dalam bukunya "Initiation a I'Evangile" {Pembimbing Kepada Injil} bahwa Markus 16:9-20 memuat hikayat yang tidak otentik.

Sampai disini telah ditemukan bahwa ternyata apa yang menjadi dasar Umat Kristen dalam meyakini kenaikan Yesus hanyalah kepalsuan yang dibuat Gereja dan merupakan bualan Paulus saja.

Dari telaah kritis ini dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu:
  1. Kenaikan Yesus ke sorga tidak di catat oleh tiga Injil Kanonik dan penyandaran keimanan Umat Kristen terhadap kenaikan Yesus didasarkan pada keterangan yang sangat lemah. 
  2. Kenaikan Yesus secara spesifik hanya dicatat oleh Lukas dalam Injil Lukas dan Kisah Para Rasul, walaupun riwayat yang dia ceritakan berbeda. Tetapi, siapakah Lukas? Lukas bukanlah murid Yesus dan tidak pernah berhubungan dengan Yesus sedikitpun, apalagi menjadi saksi kehidupannya. 
Lukas adalah seorang dokter yang kemudian menjadi pengikut Paulus yang setia (2Timotius 4:11). Bahkan dalam keterangan Bible yang dibubuhkan oleh Gereja sendiri, dikatakan Lukas satu-satunya orang bukan Yahudi melainkan orang Yunani yang tulisannya masuk dalam Bible. Ini menunjukkan bahwa apa yang dituangkan Lukas berdasarkan arahan Paulus semata, dimana dalam surat-suratnya Paulus banyak memperkenalkan bahwa Yesus disalib, dibangkitkan, dan naik ke sorga.

Ringkasan 4 Injil yang diterbitkan pada tahun 1972 oleh sekolah Bibel di Yerussalem (Jilid II Hal. 451) mengkritik data-data kenaikan (ascention) dengan mengatakan "Sesungguhnya tidak ada kenaikan dalam arti kata fisik.".

Bukti-bukti ini semua telah menjelaskan bahwa kenaikan Yesus ke sorga sesungguhnya tidak pernah terjadi. Cerita ini tidak didukung oleh keterangan yang akurat dalam Bible sendiri. Dengan demikian, umat Kristen perlu meninjau kembali keimanannya tentang kenaikan Yesus ke sorga ini. Mereka perlu berpikir kembali sebelum merayakan hari Kenaikan Yesus setiap tahunnya, apakah memang patut dirayakan atau seharusnya dihentikan berhubung masih dalam pertanyaan karena tidak didasari keterangan valid dalam Bible. Terlebih lagi karena Bible lebih cenderung pada cerita fiktif tentang kenaikan Yesus ketimbang menonjolkan kebenaran kisahnya.

Semoga bermanfaat!
Salam Bagi Kaum Yang Mengikuti Petunjuk

[Sumber: Islam Menjawab]



Baca Juga

26 komentar:

  1. Syalom pak Gus Mendem. Saya mengagumi semangat pak mengomentari iman Kristen. Sangat luar biasa. Izinkan saya untuk urun rembuk dalam artikel pak yang kacau disini. Alasan saya menyebut artikel pak Gus Mendem kacau mengenai "Yesus Tidak Pernah Naik Ke Sorga" (http://isa-dan-yesus.blogspot.co.id/2017/05/yesus-tidak-pernah-naik-ke-sorga.html) karena di artikel pak yang lain pak Gus Mendem justru menyebutkan bahwa Yesus diangkat naik ke sorga. Saya kutipkan artikel pak yang berjudul: "Kematian Isa Almasih menurut Alquran"
    ---> Artinya nabi Isa tertidur pulas, dan dalam keadaan tidur pulas itulah Allah mengangkatnya ke langit sebagaimana yang dikehendaki-Nya. Nabi Isa tidak terbangun kecuali setelah sampai di langit. Ulama lain berpendapat, nabi Isa diwafatkan, dengan pengertian mati yang sesungguhnya, namun hanya sebentar. Ketika dalam kondisi tidak bernyawa, ia diangkat ke langit, kemudian ia dibangkitkan, dan kembali hidup. <--- http://isa-dan-yesus.blogspot.co.id/2016/09/kematian-isa-al-masih-menurut-al-quran_27.html
    Lebih bijak lagi pak dalam menulis artikel. Salam damai Kristus beserta pak dan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah diangkat ke langit, atau ke sorga, adalah Allah yang tahu, jika ada keterangan dari Bible yg spesifik destinasinya ke sorga dari naiknya yesus itu justru diluar logika, sehingga larinya ke mukjizat, dan bukan kehendak yesus, karena yesus cuma utusan yg menyampaikan risalah kenabian, dan sorga itu harusnya jadi destinasi akhir kelak, tapi Bible justru meyakini kedatangan yesus keduanya, sehingga logika diperoleh yesus naik ke langit; bukan naik ke sorga. Karena ada sebab kedatangan keduanya tadi.
      Faham nggeh?

      Hapus
  2. Dik Pendeta, dari kalimat-kalimat yang kau kutip sendiri itu JELAS SEKALI TERTULIS bahwa dalam tidurnya Nabi Isa "diangkat ke langit".

    BUKAN diangkat ke sorga, dik!

    Jadi, jangan kebanyakan ngaranglah!
    Hadeeuuuhhhhh ............ capedee!

    BalasHapus
  3. Selamat pagi pak Gus Mendem. Kita ambil jalan tengah saja pak, menurut kitab suci pak Gus Mendem disebutkan bahwa Yesus itu diangkat ke langit (lebih tepatnya diangkat ke sisi Allah) dan Yesus di dalam Injil disebutkan diangkat ke Sorga. Jalan tengahnya berarti kedua kitab suci menyatakan bahwa Yesus Kristus benar-benar naik dan terangkat dari dunia ini. Salam damai Kristus beserta pak Gus Mendem dan keluarga <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang patut digarisbawahi disini adalah naiknya yesus ke "langit" itu bukan kehendak yesus, akan tetapi Allah yang menyelamatkan yesus dari kekejian bani israel, sehingga yesus tidak dibunuh, yesus tidak disalib. Faham nggeh?

      Hapus
  4. Assalamualaikum,Saya coba ikut komen!
    Yesus diangkat ke langit dan Yesus diangkat ke sorga adalah dua kalimat yang berbeda, Karena diangkat ke langit belum tentu masuk sorga meskipun nantinya akan dimasukkan ke sorga, tetapi apabila dikatakan bahwa Yesus diangkat ke sorga berarti sudah ada kepastian dan perlua ada bukti yang akurat. Sementara di dalam Alqur'an tidak dijelaskan bahwa Yesus ( Isa) diangkat ke sorga melainkan diangkat di sisi-Nya, samahalnya ketika ada orang meninggal dunia dan dikatakan kepadanya bahwa beliau sudah pulang menghadap-Nya atau sudah berada di sisi-Nya, artinya tidak serta merta dikatakan bahwa dia sudah masuk sorga. Namun dalam keyakinan Islam bahwa Yesus belum masuk ke sorga sebab di dalam Hadits Shahih bukhori menjelaskan bahwa ketika Nabi Muhammad diisra' Mi'rajkan belaiau bertemu Isa ( Yesus ) berada di langit ke dua bersama nabi Yahya, artinya masih berada di luar sorga. Wassalam

    BalasHapus
  5. anda tidak percaya Yesus naik ke sorga, tapi alquran malah mencatat, bahwa Yesus naik ke sorga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendeta saja tidak sanggup membuktikan Yesus pernah naik ke sorga, apalagi cuma kristen sepertimu dik?

      Hapus
    2. WoiBangssat ati ati kalo mengomentari gua hack nanti website mu ini ya Konttolll,Anjing,

      Hapus
    3. Lah tolol yesus(isa) ga di surga lol dia suman di angkat ke langit,umat Islam ga pernah beranggapan yesus(isa) naik ke surga����

      Hapus
  6. Haha yg hadir duluan jelas diangkat ke sorga, yang hadir belakangan diangkat cuma ke langit alias cuma terbang ngawang doang, terus artikel ini ditulis tidak terbukti naik kemana-mana! HAHAHAA KOCAK SONTOLOYO , BIBIT" CALON ATHEIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya heran dengan komen saudara :
      - yg hadir duluan?
      - yg hadir belakangan?
      - tidak terbukti naik kemana-mana?
      - calon atheis?
      Tapi satu hal yg pasti kita mesti yakini itu yesus lahir dari rahim ibunya; fakta ini tidak terbantahkan, sehingga yesus bukan oknum tuhan, bukan inkarnasi tuhan.
      Faham nggeh?

      Hapus
  7. Pendeta semoga anda mendapat hidayah... . Ingat dunia ini ada yg menciptakan... Tetap ada yg sang pencipta... Klo dunia ini tiba2 ada dengan sendirinya.. berarti otaknya konslet.... Pak pendeta wes to smpyn tobat wae..Tuhan anda itu setengah Dewa Setengah manusia setengah manusia,.. yesus Itu dewa Zeus dewa Romawi yunani.. atau yhwh/yahweh menurut kitab anda sndri... Atau mngkin Bapa kbnykn kristen mmanggil nm tuhan ya... Bisa jd ellohim.. krna Tuhan kristen di dlm injil dsbut bgtu.. mngkin Juga tuhan Kristen itu Roh... Jd intinya Nm Tuhan kristen/katolik itu apa? Yesus? Bapa? Allah? Elohim? Yahweh? Dewa?

    BalasHapus
  8. Apakah pak Pendeta mempunyai 5 tanda orang yang percaya? Lima tanda orang percaya menurut Markus pasal 16 adalah bisa mengusir setan-setan, bisa menguasai banyak bahasa asing tanpa kursus, bisa memegang ular, bisa minum segelas Baygon tanpa binasa dan bisa menyembuhkan si sakit dengan cara meletakkan tangan pada si sakit.

    Jika Pak Pendeta mempunyai 5 tanda itu berarti kepercayaan/iman Pak Pendeta sungguh benar. Tetapi jika Pak pendeta tak mempunyai 5 tanda itu maka apakah Pak Pendeta mempunyai iman yang benar?

    BalasHapus
  9. Inilah orang idiot itu.. kek kau lah Gus mendem dari namamu pun udah kelihatan bahwa kau itu siapa.. mendem.. mendem di tanah dan di air wkwkwk. Sok ngurusi keimanan orang eh iman nya sendiri belum tentu benar.. kek kau lah Islam radikal yg cinta dan haus akan perang.. mau nya orang seperti kau dilenyapkan dari muka bumi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita boleh penasaran kenapa komen toksin anda masih dibolehkan, mungkin dorongan supaya fair, tidak ada manipulasi, sehingga tidak perlu ada approval dulu, berarti "kebodohan" anda terakomodasi juga komennya tidak dihapus.
      Faham nggeh?

      Hapus
  10. Yesus Bangkit dari Kematian. Kalau tidak terangkat Ke Sorga, lalu kemana Yesus..?
    Jika anda meragukan kenaikkan Yesus Ke Sorga, lalu bagaimana dgn versi Al'quran...Isa tdk disalib tp di angkat Ke Sorga / langit..pokoknya terangkat keatas..
    Lalu Al'quran menyatakan pada hari kiamat Isa yg akan datang..Apakah anda meragukan al'quran pula?
    Alkitab menuliskan bukan Yesus saja yg terangkat ke Sorga..tp sebelumnya ada Henok dan Nabi Elia....apakah anda tdk tahu, atau pura2 tdk tahu
    Karna bagi Allah tidak ada yg Mustahil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bertanya : "Kalau tidak terangkat Ke Sorga, lalu kemana Yesus..?"
      Itu seakan akan anda menyakini "diangkat ke langit" berarti sama juga ke sorga. Ini berarti anda seperti "sudah goblok sok pintar", sebab tidak ada yang tahu dimensi langit itu seperti apa hanya Allah yang tahu.
      Satu hal yang pasti bahwa eksistensi surga dan neraka itu baru kita ketahui kelak setelah kematian, itu pun masih ada fase lanjutan sebelum menuju destinasi kesana.
      Kita juga tidak membantah adanya surga dan neraka sekarang, dan kemungkinan nabi idris di sorga juga ada, mungkin nabi adam juga disana bersama istrinya sebelum turun ke Bumi.
      Apakah "diangkat ke langit" itu berarti ke surga? Pertanyaan ini hanya Allah yang tahu, dan kata "sorga" dari frasa "diangkat ke sorga" konteknya Allah yang mengangkat yesus untuk menyelamatkannya dari upaya penyaliban kaumnya.
      Kemudian dimana anda temukan Al Qur'an ada ayat yang jelas : "pada hari kiamat Isa yg akan datang..."
      Anda jelas menemukannya di hadits, dan itu bukan pada hari kiamat, tapi sebelum hari kiamat.
      Jadi, apakah anda tdk tahu, atau pura2 tdk tahu... Faham nggeh?

      Hapus
  11. Saya suka heran deh, anda kan terlahir bukan Kristen, sudah sewajar paham dengan kitab suci anda, dan karena ke ingin tahuan anda, makanya mengorek2 Kepercayaan org lain, dalam konteks ini Kristen, pak intropeksi diri aja dah, ga usah urusin dapur org lain, urusin durimu dan imanmu, ga usah nyari2 kesalahan dari kepercayaan org lain. Tp salut sama anda ini, diluar alm sadar anda, anda sudah menginjili org lain, membuat org penasaran membaca Alkitab. Mission complete!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda perhatikan dalam kristen disematkan PL, yang artinya mengorek2 kepercayaan org lain, maka anda musti perhatikan lagi, bahwa keturunan abraham itu bukan klaim kristen semata, melainkan ada dari jalur ishaq dan ismael. Maka anda harus membiasakan diri sebab mungkin kebenarannya terasa pahit buat anda.
      Faham nggeh?

      Hapus
  12. QS 3:55 allah mengangkat Isa Al-Masih ke sorga

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERJALAN BERSAMA YESUS KRISTUS, dalam QS. 3:55 yang kau rujuk itu tertulis begini:

      "Aku (Allah) mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan.”

      Nah, coba tolong tunjukkan di mana ada kata sorga dalam ayat tsb?

      Hapus
    2. Kalau kau mengira Allah bersemayam di sorga seperti doktrin Kristen yang sudah terlanjur kau yakini sebagai kebenaran sehingga kemudian kau pun berasumsi bahwa kalimat; "Aku (Allah) mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, ... dst" sama artinya dengan mengangkat Isa Almasih ke sorga, maka kau kecele, dik!

      Supaya kau mengerti bagimana umat Islam memahami sorga dan mengetahui di mana sebenarnya Allah bersemayam, maka sebagaimana diisyaratkan juga dalam kitabmu sendiri; Mazmur 96:4 dan 2Tawarikh 6:18, sebaiknya simak baik-baik penjelasannya di sini.

      Hapus
  13. Balasan
    1. Salah dik! Seharusnya kau tulis begini: Amin Tuhannya Isa Almasih memberkati.

      Hapus