Rekomendasi

ads header

Baru

Benarkah Arti "KRISTEN" Adalah Pengikut Yesus Kristus?

Kemarin dulu, salahseorang adik Kristen kita di sebelah menantang GM untuk H2H dengan pilihan topik; NENYOAL KONSEP KETUHANAN DALAM KRISTEN DAN ISLAM. 

Tapi belum-belum sudah menolak untuk menjawab, atau lebih tepatnya, minta topik dari GM untuk membuktikan bahwa kisah kenaikan Yesus ke Sorga versi dua injil Kanonik berlabel Markus dan Lukas BUKAN HOAX diganti! 

Alasannya, karena dia menganggap dirinya bukan pengikut Paulus sebagaimana tersirat dalam teks pembuktian HOAX dimaksud (yang sepenuhnya berdasarkan pada dalil-dalil solid dari alkitab sendiri) tapi haqqul yakin bahwa dirinya adalah pengikut Yesus Kristus! 

Benarkah demikian? 

Pinjam argumen adik Kristen kita tadi, secara etimologi sih, rasanya sah-sah saja, karena kata "kristen" memang terdengar sangat dekat dengan kata "kristus", yakni sebutan "beken" di belakang nama Yesus. 

Tapi apakah secara faktual artinya tetap demikian? 
Mari sama-sama kita telusuri apa kata kitab mereka sendiri tentang ini. 
[Matius 7:22-23] "Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu? Pada waktu itulah aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” 

PERHATIKAN! 
1️⃣️ Satu-satunya umat beragama di dunia ini yang meyakini Yesus sebagai Tuhan HANYA umat Kristen. 
️2️⃣ Tokoh agama yang sering mengaku bernubuat tentang hidup adalah para pendeta gereja. 
3️⃣ Tokoh agama yang sering melakukan pemurtadan melalui penyembuhan berbagai penyakit atas nama Yesus adalah pendeta yang mengaku-ngaku diangkat oleh Yesus sebagai imam kudus. 

Dua ayat Matius 7:22-23 di atas menjelaskan keadaan umat Kristen di akhir jaman, di mana Yesus yang mereka puja sebagai Tuhan malah mengusir mereka, bahkan menyebut mereka sebagai pembuat kejahatan! 

Kenapa? 
Karena Yesus tidak pernah mengajarkan bahwa dirinya adalah Tuhan. Dan karenanya orang-orang yang menyebut Yesus adalah Tuhan dan melakukan perbuatan-perbuatan seolah "mukjizat Yesus" seperti mengarang nubuat, pura-pura mengusir setan dan mengaku-ngaku bermukjizat dengan mengatas namakan diri Yesus, pada akhir jaman nanti pasti akan ditolak dan diusirnya! 


JIKA DEMIKIAN, UMAT KRISTEN PENGIKUT SIAPA? 

👀 CERMATI INI! 
[Kisah Para Rasul 11:25-26] "Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus, dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

📚 CATATAN 
Jika ditelusuri ke dalam alkitab, maka kelanjutan cerita di atas akan sampai pada suatu saat di mana Barnabas dan Saulus (yang kemudian berganti nama menjadi Paulus) akhirnya bertikai karena penolakan keras Barnabas terhadap kecenderungan Paulus yang mulai coba "membelokkan" ajaran Yesus dengan mencampur-adukkan ajaran Monotheis Yesus dengan kepercayaan Politheis Pagan. Ujungnya, Barnabas memutuskan untuk meninggalkan Paulus di Antiokhia. 

Tapi sebagai konsekuensinya, setelah ditinggalkan oleh Barnabas Paulus bukan bertobat seperti permintaan Barnabas, ia justru semakin leluasa "memodifikasi" ajaran Yesus sedemkian rupa (kemudian dilanjutkan oleh kroninya hingga saat ini) agar Kristen dapat diterima oleh masyarakat luas yang kala itu didominasi oleh kuatnya kepercayaan terhadap politheisme Pagan! 

Ajaran Paulus inilah yang kemudian dikenal luas pula sebagai "Kristen" sebagaimana kita kenal dewasa ini. Dan jauh sebelumnya, ternyata hal ini sudah lebih dulu "dipatenkan" oleh Paulus melalui self-proclaim pada salahsatu salinan surat-suratnya kepada jemaat Korintian begini: 
⛳ [1Korintus 11:1-2] "Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus. Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu."
Dari cerita di atas, dan berdasarkan "pengakuan" Paulus ini maka jelaslah siapapun yang sampai hari masih mengaku sebagai umat Kristen, bukan pengikut Yesus sejati, akan tetapi sejatinya adalah pengikut Paulus! 

Tanpa perlu pejelasan panjang lebar atau pembuktian yang nyelimet, kita semua tahu bahwa seumur hidupnya, Yesus tidak pernah menyebut kata "Kristen", apalagi sampai menisbatkan kata itu kepada para pengikutnya! Sedangkan sebaliknya, Paulus mengklaim seluruh umat Kristen adalah pengkutnya! 

PERHATIKAN! 
Ayat di atas menulis, ”…….. untuk pertama kalinya disebut Kristen”, yang berarti sebelumnya (pada masa Yesus masih hidup bersama para pengikutnya) sebutan, istilah, atau nama "Kristen" tidak pernah dikenal di tengah-tengah keseharian seluruh pengikut Yesus! 


APA PERBEDAAN PALING PRINSIP ANTARA AJARAN YESUS DAN AJARAN PAULUS? 


✍️ CATAT! 

Yesus mengajarkan agar pengikutnya hanya menyembah Allah, satu-satunya Tuhan semesta alam yang setiap hari ia sembah, sedangkan Paulus mengarang cerita bahwa Yesus adalah Anak Allah yang harus disembah!

Oleh karenanya maka wajar saja jika pada waktunya nanti Yesus akan mengusir umat Kristen yang menyebut Yesus Tuhan dari depan gerbang sorga, karena dia tidak pernah mengajarkan hal yang sangat bertentangan dengan ajaran yang diamanatkan oleh Allah melalui dirinya, yaitu agar manusia mengimani dan menyembah hanya kepada satu-satunya Tuhan, yaitu ALLAH, Sang Khalik, Pencipta dan Penguasa seluruh alam semesta!

Jadi, walau umat ini ingin diakui atau mengira dirinya sebagai pengikut Yesus, namun fakta alkitabiyahnya sendiri mengatakan, sejatinya mereka adalah pengikut Paulus!

Jelas ya? 

BTW, resume H2H GM dengan adik Kristen kita kemarin itu bisa disimak di sini dan di sini

Salam bagi umat yang mengikuti petunjuk!

[Catatan Kecil GM] 








Baca Juga

Tidak ada komentar